Bagi anda yang ingin mendalami nih hero silahkan dibuka karena [blziziz]!
1. BASIC INFO
Dia
adalah hero yang ‘tercepat’ di DotA, dia bisa berpindah dari satu
tempat ke tempat lain dalam waktu yang sangat sangat singkat. Kalaupun
suatu saat dia muncul di depanmu, beberapa saat kemudian dia bisa
berada di tempat lain yang jarak nya jauh..
kecepatannya luar
biasa, hampir menyamai PELURU senapannya Kardel Sharpeye. Jadi jangan
pernah berpikir untuk repot2 menangkap hero pecandu ‘adrenalin’ ini,
karena dia bisa berada dimana-mana, kapanpun, semaunya. Percuma
melakukan blink, marathon, windwalk... dia tetap bisa mendahuluimu kok
^^.
Kemampuannya ini juga tidak dibatasi oleh apapun kecuali
mana, tidak ada cooldown, bisa ‘menembus’ apapun pohon, bukit, unit,
dan tidak ada batas maksimum range. di awal game dia akan terlihat
lamban dan ‘berjalan’, tp suatu saat, dia bisa saja muncul dan pergi
dari hadapannmu hanya dalam sekejap mata.
Name: Raijin Thunderkeg
Affiliation: INT Sentinel
Strength: 17 + 1.5
Agility*: 22 + 1.8
Intelligence: 26 + 2.6
HP: 473
Mana: 299
Damage: 45 - 55
Armor: 5.1
Movespeed: 295
Range: 480
Attack Speed : 0.72
Missile Speed: 1100
Sight Range: 1800/800
2. Pros And Cons
KEUNGGULAN :
1. punya skill nuke yang aktif ( cooldown 4 detik dengan damage yang lumayan) dan punya disable juga.
2. Ultinya sangat serba guna,buat kabur, pembuka war, mengejar, pengganti teleport?, dll
3. Salah satu chaser terbaik, klo km ga punya ‘skill’, sangat sulit kabur darinya.
4. Base Armor yang sangat tinggi untuk hero INT
5. klo punya banyak mana, dia ga akan bisa dihentikan oleh siapapun.
KELEMAHAN :
1. Sangat bergantung dengan MANA!
2. Salah menggunakan ulti bisa berakibat fatal
3. Pertumbuhan STR nya ‘kurang’ untuk seorang battle initiator ,artinya dia ‘rapuh’
4. Menjadi yang tercepat tidak selalu ‘menguntungkan’, kadang malah sangat merugikan.
3. SKILLS
1. Static Remnant
Raijin
creates a remnant of himself containg his essence. The Static Remnant
will release its stored energy whenever an enemy unit comes near it.
Lasts 12 seconds.
Level 1 - 140 Damage.
Level 2 - 180 Damage.
Level 3 - 220 Damage.
Level 4 - 260 Damage.
Area of Effect: 235
Mana Cost: 70/80/90/100
Cooldown: 4
Ini
skill early mu, yang akan digunakan untuk menguasai lane ( sebagai
nukers). 4 detik cooldown untuk skill ini tidak main2 loh.. kamu bisa
‘memasang’ 3 kali skill ini di tempat yang berbeda ( atau di posisi
yang sama juga bisa ), tapi ada jeda animasi skill ini selama 1 detik,
bukan channeling spell,tapi Cuma ‘delay’ aj.
Klo digunakan, kamu
akan membuat semacam’image’ tepat di posisimu, jadi kamu ga perlu
repot2 nge-klik target/tanah. dan yang memicu nya adalah kalau ada
musuh yang mendekati / masuk ke AoE nya yaitu 235, lalu image mu akan
‘meledak’ dan menyerang musuh di 260 Area disekitar image itu dengan
damage yang lumayan sakit (di early)
Image (remnant) mu punya
vision sejauh 700 ( lumayan buat ward), dan kemampuan vision
‘mata-burung’, maksudnya seperti vision animal courier (burung) yang
bisa melihat pohon, bukit, dll dari ATAS, manfaatkan sebagai spy ..
Tipe damage magical,dikurangi spell resistance,dan di block oleh spell immunity.
2. Electric Vortex
Storm focuses his energy to rip open vortex drawing an enemy to it. This process slows the Storm Spirit down for a brief period.
Level 1 - Pulls 100 units over 1 second.
Level 2 - Pulls 150 units over 1.5 seconds.
Level 3 - Pulls 200 units over 2 seconds.
Level 4 - Pulls 250 units over 2.5 seconds.
Casting range: 300
Mana Cost: 100
Cooldown: 20
Skill
disable nya raijin, durasi yang cukup lama untuk membantu DPS-er tim
mu. Bisa digunakan untuk ‘menarik’ musuh mendekati ‘static remnant’ mu
( klo km memasang nya di posisimu ), atau untuk ‘menangkap’ /
memisahkan musuh yang ngejar temanmu (apalagi yang punya
permabash/critical/slow)
Skill ini tidak termasuk ‘channeling
spell’, Karena kamu tetap bisa menyerang / menggunakan skill mu ataupun
berjalan / bergerak dari posisimu. tp ‘efek samping’ yang kamu terima
adalah nge-slow MS mu sebanyak 50% selama 3 detik.
Skill ini di block oleh linken’s sphere, dan kamu ga bisa menggunakan skill ini ke musuh yang sedang magic immunity.
3. Overload
Storm
Spirit becomes overloaded with electrical energy whenever he casts a
spell. The charge is released on his next attack as an electrical
burst, dealing damage and slowing nearby units.
Level 1 - 30 damage.
Level 2 - 45 damage.
Level 3 - 60 damage.
Level 4 - 75 damage.
Area of Effect: 300
Overload
yang menjadikan raijin salah satu kandidat chaser terbaik,dengan skill
ini (klo di combokan dengan ultimu) kamu bisa ‘menangkap’ musuh dengan
mudah.
Skill ini pasif, tp Skill ini aktif setelah km
menggunakan salah satu spell2 mu (menggunakan Item TIDAK mengaktifkan
skill ini ). Damage nya ga buruk2 amat, bisa digunakan buat nge-last
hit, atau nge-slow musuh.
efek nya semacam mini purge, Slow nya
80% MS dan 50 % AS selama 0.6 detik di 300 AoE. Tipe damage magical,
dikurangi resistance, dandi block oleh magic immunity.
4. Ball Lightning
Storm
Spirit becomes enveloped with energy, losing his physical form, and
travels until he depletes his mana or reaches his target. While in this
form, he deals damage to nearby units based on how far his electrical
form has traversed. Damage,speed and area of effect improves per level.
Level 1 - Moves the Storm Spirit to the targeted location doing 8 damage per 100 units traveled at 1250 movespeed.
Level 2 - Moves the Storm Spirit to the targeted location doing 12 damage per 100 units traveled at 1875 movespeed.
Level 3 - Moves the Storm Spirit to the targeted location doing 16 damage per 100 units traveled at 2500 movespeed.
Area of Effect: 150/225/300
Ulti
yang membuat raijin ‘dikenal’. Membuatnya ‘terbang’ / melesat dengan
kecepatan yang jauh melebihi batas maksimum MS unit2 di DotA. Sangat
serba guna, bisa untuk mengejar ‘menangkap’ musuh yang kabur untuk di
bunuh, kabur dari bokongan atau kejaran musuh, bahkan untuk ‘membuka
war’ juga bisa, combo kan dengan overload..
Skill ini yang mana
cost nya paling ‘mahal’, sebagian besar mana mu akan habis untuk
menggunakan skill ini bahkan mungkin untuk satu kali menggunakan saja.
Tapi klo mana mu habis sebelum kamu mencapai posisi yang kamu klik,
kamu akan langsung berhenti.
Selama ‘melesat’, kamu bisa
menggunakan skill / item yang penggunaannya ‘instant’ seperti ‘shivas’.
Selama melesat juga kamu ‘invulnerable’ atau ga bisa diserang dengan
serangan apapun. Dan skill ini bisa menghancurkan pohon2 di AoE nya.
4. SKILL BUILD UP
RAJIN SOLO :
Level 1: Static Remnant
Level 2: Overload
Level 3: Static Remnant
Level 4: Electric Vortex
Level 5: Static Remnant
Level 6: Ball Lightning
Level 7: Static Remnant
Level 8: Overload
Level 9: Overload
Level 10: Overload
Level 11: Ball Lightning
Level 12: Electric Vortex
Level 13: Electric Vortex
Level 14 : Electric Vortex
Level 15 : Attribute Bonus
Level 16: Ball Lightning
Raijin
yang main solo artinya kamu belum butuh disable mu (electric vortex),
karena percuma ngambil disable itu klo ga ada teman yang nyerang
kan?.Ngambil 1 level aj juga percuma, disable Cuma satu detik -_-.
Karena itu nuke mu harus dimentokin pertama, efek tersakit nya emang di
awal2 battle. Ambil bersamaan dengan overload, supaya km punya slow
saat nge-bokong / di bokong, sekaligus creeping dengan nyaman.
RAIJIN DUAL LANE (support) :
Level 1 : Static Remnant
Level 2 : Overload
Level 3 - 5 : Electric Vortex
Level 6: Ball Lightning
Level 7: Electric Vortex
Level 8 - 10 : Static Remnant
Level 11: Ball Lightning
Level 12 - 14 : Overload
Level 15 : Attribute Bonus
Level 16: Ball Lightning
Skill
build ini gunakan kalau kamu menjadi support dan se-lane dengan carry
di early game (biasanya untuk raijin level kompetisi ). Tetap ambil
static remnant di level 1 sebagai nuke mu, dan overload juga penting
untuk slow, Tapi skill yang pertama dimentokin adalah electric Vortex,
karena sangat membantu saat nge-bokong (disable = modal utama ganker),
atau berguna untuk menolong saat carry kalian saat di bokong.
Ambil ball lightning kapanpun bisa diambil.
5. ITEM BUILD And STRATEGY
EARLY ITEM
ITEM AWAL :
Di
awal game, belilah item2 yang menambah stats, seperti gauntlet /
mantle, ( klo ga mau beli bracer/null ga usah beli citcletnya ), atau
beli branch aj banyak2, kamu membutuhkannya untuk bertahan di lane. Klo
perlu beli animal courier langsung, untuk membawakanmu nanti bottle,
sepatu, dan item lainnya. Jangan lupa sisakan minimal 100 gold untuk
membeli item regen HP.
ITEM CORE :
EMPTY BOTTLE
Ini
item core nya ganker. Raijin sangat membantu nge-bokong di awal, dan
punya disable juga, untuk ‘menangkap’. Ini item regen awal mu, yang
sangat berguna untuk ngisi kembali HP dan Mana mu setelah/sebelum
nge-bokong. Selain itu bisa diisi dengan PU juga. Sebenarnya sebelum
punya ulti, kapasitas mana belum terlalu penting.
BOOTS OF SPEED
Jangan pikir kamu ga membutuhkan item ini di awal.
PRESEVERANCE
Mana
Regen lebih penting dari kapasitas untukmu di early, karena pengunaan
ultimu masih dibatasi.. Jadi beli ini duluan sebelum ‘booster’. karena
Perhitungan mana cost ultimu berdasarkan kapasitas mana, jadi semakin
gede kapasitas mana mu semakin banyak mana cost ultimu, karena itu
sebaiknya naikin Mana regen duluan. Ga perlu khawatir soal remnant,
mana cost nya termasuk murah kok. Salah satu alasan juga knapa kamu
beli bottle pertama
EARLY STRATEGY
Pilih
lane secepatnya, karena item awalnya beda. Kalau solo, beli ward juga,
atau tambah dengan ayam, klo mau support (dual lane) habiskan goldmu
dengan item2 yang menambah stats dan regen HP (tango).
Raijin
termasuk hero semi-carry, km cocok di lane manapun karena hero range
dan punya ‘nuke’ dan disable, jadi mudah bagimu mengendalikan lane,
solo maupun dual lane.
Kenapa kamu cocok di semua lane? Pertama
karena nyerang ‘range’, kedua karena kamu semi-carry (butuh item mahal
untuk ‘jadi’) ,ketiga karena support, keempat sebaiknya km mendapat
ulti secepatnya, kelima karena kamu ganker jg..
Klo km newbie, di lane, selalu ingat Perhatikan dulu syapa yang menjadi lawan di lane mu, dimana pun lane mu..
1 lawan melee :
your
lucky day.. kuasai area creep, jangan biarkan dia maju nge-last hit,
pasang remnant di area creep supaya dia ga maju, lalu overload nya kasi
ke musuh nya aj, sekalian nyicil. Ga usah hiraukan dulu lawan mu,
biarkan dia menunggu di belakang, kesempatanmu creeping dengan enak
nih, jangan disia-siakan, klo ga kamu bakal nyesel nanti di late. Tp
hati2 klo lawanmu melee-nukers / stunner.
2 lawan melee :
mungkin
ini kalau dual lane, berarti kamu punya partner. Hati2 dengan stunner ,
apalagi kalau mereka melee-nukers (raigor, davion,dl). Fokus nge-last
hit. Kecuali kalau partnermu carry, biarkan dia yg nge-last hit. Klo
lawanmu yang carry, baru kamu fokus deny aj. Km punya remnant +
overload kok buat creeping nantinya.
1 Range :
hati hati
kalau dia nukers/ stunners. Jangan terlalu dekat, karena km range
nge-last dari jauh aj, ga usah kuasai area creep, tp klo musuh mu
mencoba mendekat, pasang remnant lalu serang dia dengan overload. Fokus
last hit dan deny aj dulu, sebelum punya ulti, jangan sering2 nyicil
dulu.
2 Range :
MAIN SAFE, apalagi kalau stunner jangan
pernah maju2, kali ini lebih baik tidak dapat gold daripada tidak dapat
EXP (alias dibunuh!)..biarkan mereka menguasai area creep, kali ini
lane mu bakalan di push abis2 an, apalagi kalau partner di lane mu
kebetulan melee-pasif jg. Tp tidak usah khawatir, ini wajar terjadi,
yang penting km Usahakan dapat last hit/ deny dan bertahan naikin level
selama mungkin.
CREEPING :
Static
Remnant adalah skill creeping mu, karena skill ini juga salah satu yang
memicu overload mu. Seperti yang sudah dijelaskan di bagian skill,
durasi masing2 ‘image’ remnant mu adalah 12 detik, sedangkan cooldown
skill ini hanya 4 detik, yang artinya kamu bisa melihat 3 ‘image’
remnant mu sekaligus.
Dengan 3 remnant itu, kamu bisa
menghasilkan 780 damage (belum dikurangi resistance), dengan damage
segitu sudah pasti kamu bisa nge-last hit creep HP full dengan mudah,
apalagi klo masing2 remnant di kombokan dengan overload.
Jadi
sebaiknya setiap kamu memasang ‘image’ remnant, gunakan dulu over load
mu, baru pasang remnant lagi, byar overloadmu ga sia-sia, begitu juga
klo menggunakan skill lain.
Creeping pake raijin tuh sangat mudah.. tinggal maju ke tengah2 creep musuh
Pasang remnant, sekaligus memicu overload, remnant akan langsung ‘meledak’.. Attack mereka satu kali dengan overload..
Abisin dengan attack biasa, atau gunakan remnant kedua..
Kecuali
kalau situasinya berbeda, misalnya disana ada hero nya, dan mereka
sedang mengejarmu, tinggal pasang2 remnant aj di sepanjang jalan
‘mundur’ mu. 2 kali terkena remnant HP creepnya sudah merah, last hit
aj dengan overload atau pasang remnant ketiga.
NYICIL :
Selama kamu punya ball lightning (dan mana yang cukup juga -_-), nyicil dengan remnant jadi mudah..Prosesnya seperti ini..
Pertama gunakan ball lightning menuju ke target..
Ball lightning mengaktifkan overloadmu.... serang dia sekali (dengan overload)... lalu pasang Static Remnant
Pasanga
static remnant ( lihat 2 creep yang ‘mati’ terkena efek remnant ),
remnant mengaktifkan lagi overload...serang lagi sekali (overload)
sebelum kembali / mundur dengan ball lightning.
Klo melalui SS kamu belum ngerti, kurang lebih combo / skenarionya nya seperti ini..
Tp
klo targetmu disable/ stunner, sebaiknya hati2.. klo perlu hilangkan
bagian attack ( overload), jadi tinggal pasang remnant aj trus kabur..
Nge- BOKONG :
Raijin
adalah ganker juga, paling efektif nge-bokong klo sudah punya ulti,
jadi klo belum sebaiknya jangan dulu, kamu kan bukan rylai, hehehe...
Ambil skill disable mu (vortex), skill itu sangat membantu bokongan,
selalu ingat juga pasang remnant setiap kali menggunakan disable..
Combo mu saat nge-bokong adalah..
Yah..
tiap menggunakan skill kalau bisa diselingi dengan attack, untuk
memaksimalkan potensi overload mu.. Sebaiknya baru gunakan vortex kalau
temanmu sudah bisa menjangkau target..
Di Bokong :
Sudah
pasti kamu akan mengalaminya, di mid maupun di atas/ bawah, ganker
pasti selalu berkunjung. Gini.. yang kubahas disini adalah klo kamu di
bokong sebelum level 6 ( belum punya skill kabur), berarti kabur dengan
mengandalkan MS saja, tapi sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah
supaya kamu bisa lolos dari bokongan :
- Pasang ward di sekitar hutan lane kamu
- Jalin komunikasi dengan baik, jangan chat hanya diisi dengan saling flame aj, klo ada yang bilang ‘miss’ segera mundur ke tower mu, waspada..lihat mini map juga
- Klo ternyata tiba2 musuh muncul di belakangmu, langsung pasang remnant, remnant memberimu ‘vision’ mata burung yang luas, membantumu menentukan arah kabur
- Sebaiknya selalu bawa TP, kalau musuhnya muncul, masuk ke area pepohonan ( klo di situ ada pohon) untuk melakukan tele.
- Klo musuhnya mengejarmu sampai mendekati atau bahkan melewati towermu, gunakan vortex , disable dia di area tower...
MID ITEM
LINKEN’S SPHERE (Credit: 747)
Item
Regen dan stats adalah yang terpenting buat Raijin, dan keduanya harus
seimbang supaya Pemakaian mana untuk Ultimu lebih efektif. Linken
sphere selain menutupi semua itu, juga bisa untuk ngeblock spell
apalagi disable musuh. Yang Pastinya disable musuh akan selalu mengarah
ke hero yang bisa sangat mudah kabur sepertimu.
MID STRATEGY
Di
mid game, kamu telah siap..jadi tinggalkan lane, saatnya mulai roaming.
Gunakan combo2 mu, lalu kalau tetap lolos, kejar lagi.. tapi sebaiknya
untuk saat ini, jangan dulu mengejar terlalu jauh, apalagi sampai
melewati 2 tower, ur not ‘that’ ready yet man.. ^^
Karena mana
mu sudah enakan diliat, seharusnya battle sudah mulai ribut dengan
suara2 skill2 mu, dan mungkin juga akan muncul banyak tulisan berwarna
warni di monitor karena ulahmu ( killing ), hehehe..
Nah.. beberapa goal yang harus kamu capai di mid game sebagai semi-carry adalah :
- PUSHING, pecahin tower musuh di semua lane, kamu punya potensi besar buat pushing, menghabisi segerombolan creep dengan remnant dan overloadmu.
- NGE-GANK, roaming aj, sendiri atau berdua, lihat di mini map, klo km melihat ada hero yang creeping sendirian di lane, bokong dia, apalagi klo dia itu carry nya. Skenario nge-bokongmu masih sama (dan seterusnya juga begitu )
- Karena carry, creeping juga wajib kamu lakukan, kali ini di hutan aj, dengan remnant + overload, sangat mudah buatmu membersihkan camp.
ELECTRIC VORTEX:
Okay karena ini mid game, kuharap kamu sudah mengambil skill vortex.
- Vortex ‘menarik’ target ke arah mu, target disable, artinya dia ga bisa bergerak , berpindah, atau menggunakan skill / blink, dll. Sama seperti shackles nya rhasta, atau dismembernya pudge.
- Skill ini terlihat seperti channeling, tp sebenarnya BUKAN channeling, kamu tetap bisa menyerang, menggunakan remnant / skill lainnya, bahkan berjalan pun tidak me-remove vortex mu.
- ‘tarik’ targetmu dengan vortex, lalu serang sekali dengan overload, lalu pasang remnant dan serang lagi dengan overload. Atau tarik saja targetmu ke area remnant mu.
- Disable vortex selama 2.5 detik, sebaiknya combo kan juga dengan spell2 area temanmu, terutama yang animasinya lama, sand king,dll (ada di bagian best partner)
- Efek samping skill ini adalah semi-purge, nge-slow MS mu sebanyak 50% selama 3 detik.
- menjebak target dengan vortex, byasanya sy ‘menarik’ musuh ke atas bukit, menjebaknya disana. Caranya, gunakan ball lighting ke atas bukit ( t4 yang ga bisa dicapai selain blink) di daerah sungai banyak tuh, tarik musuh nya dengan vortex sampai ke atas bukit (vortex menarik sejauh 250 unit) asal dia dalam ‘casting range’ vortex jg (300), gunakan ball lightning untuk menjauh, biarkan dia di bukit itu, lalu tinggalkan sambil tertawa, wakaka..
BALL LIGHTNING :
Lihat.. kamu ‘invulnerable’ saat melesat..Gambarnya cuman contoh aj, jadi wajar klo ‘charge’ bloodstone nya nol :p
Untuk
penjelasan, penggunaan dan combo nya, sudah dijelaskan di skill dan
early strategy, nah disini sy mau nge-bahas PERHITUNGAN mana cost skill
yang termasuk ‘mahal’ ini.
Perhitungan Mana cost nya gini..
-
Pertama ada mana cost ‘awal’, yang keluar saat setelah kamu nge-klik
posisi tujuan ‘perpindahanmu’, yaitu 15 + 7% dari total kapasitas
manamu.
- Kedua mana cost yang dihitung berdasarkan ‘jarak’ yang
kamu tempuh, yaitu 10 + 1% dari total kapasitas mana mu / 100 range
yang kamu tempuh
Contoh soal :
Raijin dengan
Kapasitas Mana 1000, dia ingin ‘berpindah’ sejauh 2000 range, berapa
mana cost yang dibutuhkannya?? Zzzzz ( kayak soal matematika di
skolahan aj ni :p)
Jawaban:
-Untuk Kapasitas mana 1000, mana cost ‘awal’ mu = 15 + 7%(1000) = 85
- mana cost setiap 100 range perpindahanmu adalah 10 + 1% (1000) = 20.
- Lalu kamu berpindah sejauh 2000 range, artinya 2000/100 = 20 , maka total nya adalah 20 X 20 = 400
Jadi
total mana cost mu dari yang ‘awal’+ perpindahanmu adalah 485. (buat
yang ga ngerti matematika belajar dulu sono, matematika di DotA itu
berguna bgt loh ^^). semakin besar kapasitas mana mu, semakin besar
pula mana cost awal dan mana cost perpindahanmu..
Nah.. karena
itu, naikin mana regen tuh penting! Untuk perhitungan damagenya juga
mudah, 8/12/16 damage setiap 100 unti perpindahanmu. Misalnya level 3
ball lightning, kamu berpindah sejauh 1000 range, hasilnya adalah 160
damage..
Perhatikan
HP musuh2 nya, berkurang sebelum sy melakukan serangan apapun. Semakin
jauh jarak yang kamu tempuh semakin ‘sakit’ damage yang kamu hasilkan,
tapi perhatikan mana mu juga..
Ball lightning selain
digunakan untuk nge-bokong /kabur / membuka war, juga berguna untuk
mempersingkat waktumu berjalan, gunakan seperti blink, menembus pohon,
bukit, lembah, supaya kamu ga perlu repot berjalan memutar, tapi ingat
jangan menggunakannya sering2 ( jangan boros), apalagi jangan melintasi
yang sebenarnya bisa dilewati dengan berjalan aj, hemat2 lah..
Sedikit FAKTA soal skill ini :
- Saat melesat kamu ‘invulnerable’, artinya ga bisa di apa-apa in
- Saat ‘mendarat’ di posisi yang kamu klik, menghasilkan damage di 150/225/300 AoE, perhitungan damage nya telah dijelaskan
- Sebenarnya lebih penting soal berapa banyak mana yang kamu habiskan untuk skill ini, daripada sejauh mana jarak yang kamu tempuh, perhitungan mana nya juga sudah dijelaskan
- Raijin akan langsung berhenti melesat klo dia kehabisan mana
- Raijin TIDAK menghasilkan damage sedikitpun dengan skill ini kalau dia ‘berhenti’ melesat karena kehabisan mana.
- Raijin bisa menggunakan skill ‘instant cast’ saat melesat, seperti shiva’s arctic blast, guinsoo,necronomicon,dagon, dll.
Okay,
mid game belum saatnya kamu benar-benar having fun. Ingat kamu adalah
semi-carry, guinsoo adalah item yang kamu kejar selanjutnya, jadi tetap
kembali creeping klo ga ada war.. jangan pernah takut creeping sendiri,
segera kabur dengan ball klo kamu di bokong. Kalo ga mau guinsoo, bikin
item2 di alternatif..
LATE ITEM
GUINSOO SCHYTHE OF VYSE
Nah..
item2 seperti inilah yang paling kamu butuhkan, bukan Cuma ‘disable’
nya sih, tapi juga tambahan Mana regen dan kapasitas Mana mu, ingat!
keduanya harus ‘seimbang’, klo gedein kapasitas aj hanya memperbesar
mana cost ultimu, klo gedein mana regen aj, range yang bisa kamu capai
juga pendek kan. Klo seimbang kan semuanya tertutupi. Selain itu item
ini juga menambah STR mu.
ALTERNATIVE ITEMS
BLOODSTONE
Kamu
adalah hero spell caster, dan juga termasuk semi-carry. Makanya kamu
butuh bloodstone untuk memanfaatkan semua skill2 mu yang mana cost nya
mahal2, sekalian menutupi kebutuhan HP mu yang sangat ‘kurang’ di
early-mid game. Kapasitas Mana dan Mana regen mu sebaiknya diimbangi,
supaya penggunaan ulti mu semakin efektif. ALternatif Linken SPhere.
SHIVA’S GUARD
Yang
ini menambah armor, beli aj ini di late kalau musuhmu (terutama yang
carry) sering membunuhmu dengan ‘physical’ damage mereka. Atau beli
setelah guinso aj. Juga menambah stats INT , meski ga menambah
kapasitas HP dan mana regen mu, tp memberimu kemampuan slower area,
sangat berguna di war. Yah, sudah kujelaskan di bagian skill,
sebenarnya saat kamu ‘melesat’ dengan ball lightning, kamu bisa
mengaktifkan ‘arctic blast’ nya tanpa menghentikanmu, tp perhitungkan
posisi menggunakannya dengan baik.
NECRONOMICON
Beli
ini kalau ada musuhmu yang punya kemampuan invisible, atau ada yang
beli lothar, atau ada techies, Karena selain memberikanmu true sight,
juga menambah stats STR dan INT, meski ga sebanyak guinsoo,skadi, dan
shiva’s sih..
EYE OF SKADI
Alternatif
dari guinsoo. Tambahan statnya lebih banyak dari guinsoo ( kecuali INT
nya), artinya kapasitas HP dan mana mu lebih gede dengan item ini,
memberikanmu juga kemampuan ‘slower attack’ tp sebenarnya kamu ga bgt
membutuhkan slowernya, nah karena harganya lebih mahal, jadi beli hanya
kalau di timmu sudah punya ‘cukup’ banyak disabler.
LUXURY ITEMS
BRACER
Klo
merasa kesulitan di awal / di lane, jadiin gauntletmu di early game,
Beli 2 lebih baik. Tp sebaiknya beli preseverance aj secepatnya,
yah..meski harga bracer emang murah sih..
NULL TALISMAN
Kalau
item awalmu mantle, tp Kusarankan beli bracer aj, pertumbuhan STR mu
sangat sedikit. Sebenarnya item2 seperti ini ga begitu penting,
POWER THREADS
Upgrade sepatumu klo mau, kusarankan yang ini karena menambah stats, klo ga mau ini, beli travel aj di late.
ORCHID MALEVOLANCE
Beli
ini setelah guinsoo. ini termasuk item tambahan aj. Memberimu kemampuan
untuk nge-silence musuh. Terlalu mahal? Memang...tp Kamu termasuk
semi-carry, kamu punya skill buat creeping ‘enak’ kok.
EUL SCEPTER OF DIVINITY
Tambahan
INT nya memang kalah dengan semua item alternatif guinsoo, tp jangan
meremehkan item ini, karena item ini juga menambah MS sebanyak 25 MS,
dan kemampuan cyclone , sangat membantu di war, disable 1 musuh selama
2,5 detik, atau untuk menghentikan channeling spell. Selain itu km bisa
nge-cyclone dirimu sendiri, untuk nge-block spell tentunya.
HEART OF TARASQUE
Situasional, Tambah ini untuk ketahananmu di war atau saat membuka war, tapi sebenarnya tidak menjadikanmu tanker.
KHADGAR PIPE
Tambah
ini aj, klo musuhmu banyak hero INT / nukers, dan semuanya ‘jadi’. Beli
hood nya setelah bloodstone, atau jangan beli hood sebelum blood mu
jadi.
REJECTED ITEM!
ARCANE RING
Arcan??
Kamu ga begitu butuh terlalu banyak mana di early game, mending energy
boosternya dijadiin bloodstone secepatnya. Karena arcane ga menambah
kapasitas HP mu, padahal kamu sangat butuh HP juga. Lagipula base armor
mu sangat baik kok di early.
VANGUARD
Sama
dengan arcan, menghambat jadi nya bloodstone mu, mending vitality nya
dijadiin blood aj. Item ini ga menambah kapasitas mana mu. Lagipula
kamu ga cocok nge-tank creep di awal.
ITEM DPS
Kamu bukan lagi hero DPS,sekarang kamu murni spell caster.
KELEN’S DAGGER
Kamu punya kemampuan yang LEBIH daripada blink, sudah pasti kamu ga butuh ini lagi.
LOTHAR’S EDGE
Sama
dengan dagger, mau kabur / ngejar musuh ga harus punya windwalk kan?,
kamu bisa kabur dengan ball lightning, dan kamu bisa ngejar dengan ball
lightning juga.
DIFUSAL BLADE
Klo
km pikir ga bakal bisa ‘menangkap’ hero2 blinker (magina, Qop,dll),
coba pikir2 lagi.. Ball lightning ada damagenya dan ga ada cooldown,
blink mereka ada cooldownnya dan ga ada damage ^^. Lagipula blink
mereka ada batas ‘range’ nya, sementara kamu ga ada batasnya.
Kesimpulannya kamu ga butuh ‘purge’ nya, dan stats AGI nya.
STYGIAN DESOLATOR
‘persetan’ dengan corruptionnya, kamu bukan lagi DPS-er..
MAELSTORM / MJOLNIR
Meski satu ‘elemen’dengan mu, kamu ga bgt butuh item2 ini..
ITEM LIFESTEAL
Kenapa
butuh lifesteal? kamu dapat lifesteal hanya dari serangan
‘attack’mu,dan kapan km bru nyerang dgn ‘attack’?yaitu kalau remnant mu
sedang cooldown / kamu belum punya overload, dan itu Cuma 4 detik!! Mau
nge-lifesteal apaan dengan 4 detik?
CRANIUM BASHER
Jangan paksa sy nge-flame kamu...hehehe
AGHANIM’S SCEPTER
Item
ini memang murni menambah kapasitas mu, HP maupun Mana. Tapi item ini
ga meng-improve ultimu. Beli ini kalau kamu memang penggemar berat
‘dagon biru’ ini.
REFRESHER ORB
Nice...
cooldownnya remnant 4 detik, ultimu ga ada cooldownnya. Tapi okelah
kalau 4 detik itu lamanya seperti 4 tahun bagimu -_-)
LATE STRATEGY
Seharusnya
battle ga akan sampai selama ini. Tapi kalau sampe, itu malah
bagus..Kamu adalah semi-carry, sudah pasti late bukan masa yang sulit
buatmu. Okay karena sudah late, berarti ‘leaver’ udah ga mungkin
kelihatan lagi disini, ^^, yang newbie... sudah pasti masih semangat!
Ya ga?
Sekarang waktunya menyelesaikan battle, manamu sudah
‘banjir’, mana regen mu juga (harusnya) sudah sangat ‘kencang’., kamu
sudah bisa berada di mana saja, sangat cepat, ga mungkin ada yang bisa
mengejar atau menghentikanmu sekarang, dan kamu lah si pembuka war,
disable mu akan sangat membantu saat ini.
DEFENSE :
Simple,
pasang selalu remnant mu di dekat tower / markas mu, area yang dilalui
musuh2. Klo meledak, pasang lagi, begitu seterusnya. Klo musuh nya
sudah berdatangan, buka war dengan ball lightning ke satu musuh
(sebaiknya stunner/disabler), lalu langsung disable dia dengan vortex,
nah.. itu akan memicu teman2 mu untuk maju menyerang targetmu,
sekaligus membuat musuh mulai bergerak untuk menolong temannya.
Selalu
ingat pasang remnant, sangat membantu mengurangi jumlah pasukan creep
lawan atau ‘image2’ lawan, membuat mereka kesulitan nge-push...
PUSHING:
saat
pushing, gunakan ball lightning dari tempat yang sangat jauh,dengan
begitu damage yang akan kamu hasilkan sangat besar dan bisa membunuh
sekumpulan creep musuh .
Klo war sama aja, kamu yang buka war,
dengan ball lightning dari jarak yang sangat jauh, nah.. tepat setalh
mendarat langsung gunakan combo mu, serang dengan overload, dan pasang
remnant / disable salah satu musuh untuk digebuki bareng teman2 mu.
Sebaiknya disable stunner/disabler musuh pertama.
Membuka war
adalah tugasmu juga, atau setidaknya kamu yang masuk pertama / kedua di
area war, memicu semangat temanmu untuk maju. Tapi jangan pernah maju,
kalau temanmu belum lengkap / siap.. sebaiknya jumlah kalian lebih
banyak dari defendernya..
Okay, creeping dengan ‘benar’ aj
di early-mid, dapatkan mana regen yang banyak, dengan begitu teman2 mu
akan sangat terbantu olehmu di late
6. BEST FRIENDS
MANA PROVIDERS
Mereka sangat membantumu di early game
STUNNER / DISABLER AREA
Terutama yang bisa mengumpulkan hero2 dalam satu titik, seperti ulti magnataur dan enigma, pasag remnant disitu.
GANKERS
Raijin sinergi dengan semua ganker, kamu sangat cepat, punya spell damage, dan punya disable juga.
CARRY / DPS
Mereka juga membutuhkan vortex mu untuk membunuh. Menangkap target adalah tugasmu, membunuh adalah tugas mereka.
AoE SPELL
Terkadang mereka kesulitan membuat musuh terkena ultinya, vortex akan sangat membantu mereka.
7. WORST ENEMIES
PERMABASHER
Mereka2 ini yang ga bakal membiarkanmu kabur dengan ball lightning.
EZALOR
Mana leak... bergerak? Mana mu bakal habis!
NERUBIAN ASSASIN
Mana burn nya sangat merugikan, dan itu berdasarkan stats INT targetnya.
PUGNA
Nether ward sangat berbahaya untukmu. Menyerangmu dengan damage yang tidak sedikit setiap kamu menggunakan spell.
MAGINA
Semakin besar kapasitas mana targetnya, semakin bahagia dia. Mana void sangat mematikan untuk mu, apalagi kalau mana mu habis.
ENCHANTREES
Dia
punya skill yang bisa menjadi sangat lemah untukmu sekaligus menjadi
sangat ‘sakit’ untukmu, yaitu impetusnya. PURE damage berdasarkan jarak
yang ditempuh ‘tombaknya itu. Kalau dia melempar impetusnya lalu kamu
menghindar / menjauh, itu hanya akan membuat damage impetusnya semakin
sakit. Dia salah satu counter terbaik untuk raijin yang main asal..jadi
Sebaiknya dekati dia dengan ball lightningmu, atau blink menjauh
sebelum dia melempar impetusnya... jadi Jangan heran juga kalau ada
yang pick hero ini setelah kamu pick raijin ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar